Minggu, 24 Januari 2010

Cobalah Air Zam-Zam, Banyak Khasiatnya Yang di jamin Oleh Alloh SWT

Keistimewaan dan Kebarokahannya

 Sesungguhnya air zamzam itu mempunyai keutamaan yang banyak dan menjadi salah satu tanda kebesaran Alloh Subhanahu wa Ta’ala yang ada di sekitar Ka’bah. Ia telah menunjukkan kebaikan-kebaikan dan kebarokahannya yang banyak bagi para peminumnya. Di bawah ini akan kami jelaskan keutamaan-keutamaannya, antara lain :

1. Air zamzam sebagai sebab ramainya dan hidupnya kota Makkah al Mukarromah
Sesungguhnya sebagian dari keutamaan-keutamaan dan kebarokahan air zamzam ialah karena Alloh telah menjadikan air yang penuh barokah ini menjadi sebab utama ramainya kota Makkah yang dihuni oleh banyak orang. Kehidupan bermasyarakat berkembang, dan Baitul Harom menjadi pusat kegiatan beribadah kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Sebelumnya Makkah dikenal sebagai kawasan yang tidak ada air dan tidak ada seorang pun yang bertempat tinggal di dalamnya. Tapi setelah Alloh menempatkan Nabi Ismail ‘Alaihissalam dan mengeluarkan air zamzam di Makkah untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dan kebutuhan hidup ibunya, Hajar ‘Alaihimassalam, maka berbondong-bondong kaum Jurhum yang berasal dari Negara Yaman, berdatangan untuk bertempat tinggal di Makkah setelah mereka minta izin kepada Siti Hajar ‘Alaihassalam. Bahkan Nabi Ismail ketika dewasa memperistri salah satu dari keturunan mereka.

 

2. Air zamzam termasuk dari tanda-tanda kebesaran Alloh yang ada di kota Makkah
Alloh telah berfirman :


96) Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitulloh yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia
97) Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (diantaranya) Maqom Ibrohim, barang siapa yang memasukinya (Baitulloh itu) menjadi amanlah dia.
[Ali Imron : 96-97]
Al Imam al Faqih al Muhaddits Muhammad bin Umar menjelaskan tanda-tanda kebesaran Alloh yang nyata di dalamnya "fiiihi ayaatun bayyinaatun" ialah : Hajar Aswad, Hatim (Hijr Ismail)memancarnya air zamzam dengan hentakan tumit Malaikat Jibril ‘Alaihissalam, dan meminumnya adalah sebagai obat segala penyakit serta sebagai pengganti makanan bagi tubuh. Begitu pula al Imam al Qurthubi di dalam kitabnya Al Jami’ li ahkamil qur’an juz 4 halaman 90, telah menghitung bahwa termasuk pengertian "fiiihi ayaatun bayyinaatun" Adalah air zamzam :




27) Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh
28) Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Alloh pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Alloh telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir. [Al Hajj : 27-28]

Termasuk nikmat-nikmat Alloh yang agung dan manfaatnya telah disaksikan oleh para jama’ah haji dan umroh adalah air zamzam. Karena menurut pengalaman mereka, setelah mereka meminum air zamzam sekenyang-kenyangnya dan berdo’a sesuai dengan keperluan mereka, maka ternyata do’a mereka maqbul.
Di antara mereka banyak yang telah menderita sakit parah, yang dokter sendiri tidak sanggup lagi untuk mengobatinya, tetapi setelah mereka minum air zamzam dan berdo’a, mereka sembuh berkat izin Alloh, dan ada pula yang mendapatkan cobaan berat setelah minum air zamzam dan berdo’a, mereka diberi ‘afiyah oleh Alloh, diberi jalan keluar oleh Alloh dan terlepas dari cobaan berat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar