Selasa, 20 Maret 2012

Warga LDII Barito Kuala di Harapakan Mensukseskan Pembuatan e-KTP


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Barito Kuala (Batola) sampai saat masih menunggu distribusi alat untuk program pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).

Kabid Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batola Yatno mengatakan, e-KTP rencananya dimulai April 2012 mendatang. Disdukcapil masih menunggu perangkat keras elektronik lainnya dari pemerintah pusat.
Saat ini peralatan yang datang hanya sekitar 30 persen. Setelah nanti alat-alat pendukung tersebut sudah ada, maka akan langsung didistribusikan ke seluruh kecamatan,” katanya, kemarin.
Apabila semua alat sudah tiba, terlebih dahulu akan dilakukan uji coba bersamaan dengan pelatihan operator, sebelum dilakukan pencanangan.
“Setelah semua alat datang, diuji coba dulu, baru dicanangkan sebelum proses e-KTP dilakukan. Karena takutnya ada sesuatu hal yang tak diinginkan,” terangnya.
Sementara untuk pelaksanaan program e-KTP di Kabupaten Batola sendiri, Disdukcapil merencanakan bulan April.
“Mulai bulan April mendatang program e-KTP sudah dapat dimulai. Karena program ini adalah program nasional, sehingga kabupaten hanya melakukan perekaman yang meliputi rekam foto, tandatangan, sidik jari dan iris mata. Sedangkan untuk proses mencetak adalah pemerintah pusat,” ujarnya.
Diharapkan, seluruh warga LDII Barito Kuala untuk mensukseskan serta mengikuti program ini pada waktunya nanti. Biaya kepengurusan e-KTP di tahun 2012 gratis, masih tanggungan pemerintah pusat. Baru pada 2013 mendatang, akan diberlakukan penarikan retribusi e-KTP kepada warga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar